Minggu, 18 Oktober 2020

Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’

 Kerangka Filosofis ‘Merdeka Belajar’

1. Profil Pancasila yang kami pilih adalah Gotong Royong

2. Sumber daya dan potensi (minimal 5 potensi) yang dimiliki oleh sekolah dan kelas  yang mendukung ‘Merdeka Belajar’, yaitu komite/ortu siswa, tata tertib sekolah,UKS, jadwal piket,kurikulum,sarana prasarana

3. Alur kerangka ‘Merdeka Belajar’ adalah sebagai berikut:

a. Tujuan Utama: ‘Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila’

Profil Pelajar Pancasila: Gotong Royong

Kompetensi Pelajar Pancasila: Kolaborasi, Kepedulian, Berbagi dan bertanggung jawab

Indikator Ketercapaian: adanya komunikasi antar siswa, guru, musyawarah, empati, saling berbagi ilmu, tolong menolong, bekerjasama, komitmen, persatuan dan kesatuan.

Elaborasi hingga pelaksanaan konkret di sekolah dan kelas Anda:

Yang kami lakukan untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih adalah dengan sosialisasi, membuat komitmen bersama, menjadi taudalan, pembiasaan, memberi semangat, memberi dukungan/dorongan kepada siswa dan guru 

Kami memilih Profil Pelajar Pancasila Gotong Royong adalah karena gotong royong merupakan ciri khas dan budaya indonesia sejak dulu dan harus ditanamakan sejak dini kepada peserta didik. Gotong Royong juga menjadikan siswa merdeka dalam belajar karena disana terjadi kolaborai, kepedulian, dan saling berbagi.

Cara mencapai Profil Pelajar Pancasila yang kami pilih dengan cara memberi contoh kepada siswa dan guru untuk peduli, berbagi sehingga siswa dan guru terimbas untuk saling peduli, berbagi dan berkolaborasi.

Para pihak yang terlihat adalah: 

- Kepala sekolah, bertanggung jawab, mendukung kegiatan, menyemangati, dan memberi contoh

- Komite / perwakilan orang tua, memberi tauladan kepada siswa di rumah, seperti karakter, dan sifat sifat baik lainnya

- Guru, menjadi tauladan, memberikan semangat, motivasi, memimpin, mendorong, menuntun siswa menjadi siswa yang memiliki profil pelajar pancasila

=siswa, melakoni yang sudah direncanakan oleh semua pihak


4. berikut kerangka pembelajaran KHD berdasarkan pemikiran kelompok 2



Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar