Jumat, 27 November 2020

RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA Modul 1.3.10

 


RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA
Modul 1.3.10

Oleh : I WAYAN SURIASA, S.Pd.
CGP Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali
Judul : GARASI (GERAKAN LITERASI) DENGAN KORDING

LATAR BELAKANG 
        Sekolah merupakan suatu rumah yang aman, nyaman dan bermakna bagi seluruh warga sekolah. Di sini mereka melakukan kegiatan pembelajaran dengn menyenangkan, rileks, bahagia, tanpa dibebani pencapaian skor dan mencapai ketuntasan kurikulum sekolah. Setiap peserta didik memiliki potensi positif dalam setiap kodrat mereka baik menyangkut kodrat alam maupun kodrat zaman. Selanjutnya melalui pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan diharapkan dapat membuat peserta didik lebih menikmati dalam mengeksplorasi pengetahuan dan keterampilan serta sikap yang mereka miliki. Dalam mengembangkan keterampilan peserta didik perlu untuk berinteraksi sosial sesama warga sekolah secara positif, arif dan bijaksana menuju peserta didik berkarakter dan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 
    Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia. Salah satu terobosan merdeka belajar, yaitu pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimal (AKM), yang akan menguji tiga kemampuan siswa yaitu kompetensi literasi, numerasi dan survei karakter yaitu menumbuh kembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan literasi sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Literasi membantu kita membentuk pola pikir, perilaku, dan membangun karakter manusia untuk peduli dan bertanggung jawab. Menjawab tantangan budaya literasi yang masih rendah di sekolah, selaku pendidik saya merencanakan kegiatan aksi nyata dengan program GARASI (Gerakan Literasi) dengan Kording (Koran Dinding). 

TUJUAN 
Adapun tujuan kegiatan GARASI dengan KORDING ini sebagai berikut: 
  1. Menumbuh kembangkan budaya literasi di sekolah. 
  2. Mengembangkan keterampilan peserta didik untuk berinteraksi sosial sesama warga sekolah secara positif, arif dan bijaksana menuju peserta didik berkarakter. 
  3. Meningkatkan potensi yang dimiliki peserta didik didalam mengeksplorasi pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki dalam berkarya. 
  4. Membentuk peserta didik yang berkarakter mandiri, kreatif, kolaboratif dan inovatif 
  5. Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar menyukseskan GARASI (Gerakan Literasi). 
  6. Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan. 
TOLAK UKUR 
Adapun tolak ukur keberhasilan penyelenggaraan GARASI dengan Kording adalah sebagai berikut: 
1. Peningkatan minat baca peserta didik dan warga sekolah 
2. Keterampilan peserta didik untuk membuat Kording meningkat 
3. Peserta didik lebih aktif dan semangat mengikuti pembelajaran. 
4. Potensi peserta didik berkembang secara maksimal. 
5. Dokumentasi kegiatan dan hasil Kording 

LINIMASA TINDAKAN YANG KAN DILAKUKAN 
Tindakan yang dilakukan mengikuti alur BAGJA 
Buat Pertanyaan 
  1. Bagaimana cara menerapkan Garasi (Gerakan Literasi) peserta didik di SMP Negeri 1 Abang? 
  2. Dukungan apa saja yang diperlukan untuk menyukseskan Garasi? 
Ambil Pelajaran 
  1. Terdapat buku bacaan di perpustakaan dan jumlahnya memadai. 
  2. AKM merupakan kegiatan yang diselenggarakan dari kemendikbud dan berlanjut setiap tahunnya. 
Gali Impian 
  1. Peserta didik memiliki ketertarikan membaca dan menulis
  2. Melalui budaya literasi dapat menanggapi permasalahan dengan berpikir secara rasional terhadap suatu peristiwa 
  3. Meningkatkan keterampilan menulis dan membaca serta kreatif
Jabarkan rencana 
  1. Minggu ke-1 melakukan komunikasi dengan kasatdik terkait rencana kegiatan dan guru-guru bahasa Indonesia 
  2. Minggu ke-2 Menyiapkan buku-buku dan mendata buku berkoordinasi dengan kepala perpustakaan, dan berkoordinasi wakasek sarana tentang tempat penempatan koran diding. 
  3. Minggu ke-3 melaksanakan aksi 
  4. Minggu ke-4 Merefleksikan kegiatan bersama guru-guru lain khususnya guru Bahasa Indonesia selaku teman sejawat sekaligus tergabung dalam tim Garasi (Gerakan Literasi) 
Atur eksekusi 
  1. Bertemu dengan kepala satuan pendidikan untuk memaparkan rancangan aksi tentang Garasi 
  2. Meminta buku, majalah, atau koran di perpustakaan kepada petugas perpustakaan seijin kepala perpustakaan 
  3. Mencatat buku, majalah yang dipinjam berkoordinasi dengan petugas perpustakaan 
  4. Menyiapkan tempat kording bersama waka sarana dan prasarana 
  5. Mensosialisasikan kegiatan kepada peserta didik 
  6. Memulai kegiatan dengan membaca sebelum memulai pelajaran, membuat ringkasan, dan menempelkan hasil bacaan di kording 
  7. Merefleksikan (mencatat kelebihan dan mencari solusi atas kelemahan) bersama kasatdik, waka, dan guru-guru sejawat. 

DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN 
  1. Dukungan Kepala Sekolah. 
  2. Dukungan rekan-rekan guru dan rekan sejawat. 
  3. Dukungan sarana dan prasarana sekolah 


0 komentar:

Posting Komentar