Minggu, 06 Desember 2020

ALAT PERAGA IPA (2)

PEMBUATAN ALAT PERAGA UNTUK PEMBELAJARAN SISTEM GERAK MANUSIA OTOT ANTAGONIS
(BISEP DAN TRISEP)


        Alat peraga adalah semua atau segala sesuatu yang dapat digunakan dan dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan konsep-konsep pembelajaran dari materi yang bersifat abstrak atau kurang jelas menjadi nyata dan jelas sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian serta minat para siswa yang menjurus kearah terjadinya proses belajar mengajar.
        Alat peraga merupakan suatu alat yang dipakai untuk dapat membantu dalam proses belajar-mengajar yang berperan besar sebagai pendukung kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan oleh pengajar atau guru. Penggunaan alat peraga ini mempunyai bertujuan untuk memberikan wujud yang riil terhadap bahan yang dibicarakan dalam materi pembelajaran.

Tujuan dari pembuatan alat peraga ini adalah sebagai berikut.

  1. Untuk menjelaskan secara riil tentang perubahan bentuk otot yang berkontrasi.
  2. Untuk memberi penjelasan mengenai kerja otot yang antagonis adalah dua otot yang kerjanya berlawanan, yaitu apabila satu otot berkontraksi, otot yang lain relaksasi pada otot lengan yaitu otot bisep dan otot trisep.
  3. Untuk memberikan motivasi kepada siswa dan merangsang siswa untuk berpikir kreatif dan mengajak siswa untuk membuat alat peraga sederhana tentang otot antagonis dari bahan-bahan yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Alat peraga yang dibuat dapat memberikan manfaat bagi siswa maupun bagi guru khususnya Guru IPA diantaranya adalah sebagai berikut.

1) Manfaat penggunaan alat peraga bagi siswa:

  • Memusatkan perhatian siswa terhadap pelajaran IPA tentang otot antagonis.
  • Menarik minat siswa dan penguasaan materi pelajaran yang berkaitan dengan otot antagonis.
  • Merangsang daya fikir dan meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas siswa untuk menciptakan alat yang lebih sempurna dan lebih menarik.
2) Sedangkan bagi guru, manfaatnya adalah sebagai berikut.
  • Mempermudah penyampaian materi pelajaran yang bersifat abstrak seperti otot yang antagonis.
  • Mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran
  • Menciptakan suasana pembelajaran kondusif.
  • menghindari pembelajaran verbalisme.
  • menciptakan pembelajaran efektif dan efisien.
  • alat peraga ini dapat buat dengan mudah dengan biaya yang murah dan praktis.


Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar