PENILAIAN BERBASIS KELAS/
TEKNIK-TEKNIK PENILAIAN FORMATIF
Pendidikan saat ini bertujuan untuk menghasilkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Insan yang dimaksud adalah lulusan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang optimal sesuai dengan taraf perkembangan dan jenjang pendidikan masing-masing. Selain itu, lulusan diharapkan memperoleh kecakapan abad ke-21 yang mampu menjadikan setiap insan Indonesia hidup dalam tantangan abad ke-21 dan berkontribusi secara memadai terhadap pengembangan peradaban dunia. Kecakapan- kecakapan yang dimaksud mencakup kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah,berinovasi dan berkreasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi. Lulusan juga ditargetkan mempunyai literasi digital (literasi informasi, media, dan teknologi) di samping kecakapan- kecakapan hidup lainnya seperti fleksibilitas dan adaptabilitas, produktivitas dan akuntabilitas, dan kepemimpinan dan tanggungjawab.Tujuan pendidikan tersebut akan dapat dicapai dengan efektif dan efisien apabila proses pembelajaran dirancang dan dilaksanakan dengan baik. Pertama, guru merancang pembelajaran berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa, misalnya pengetahuan, keterampilan, dan sikap awal mereka. Kedua, guru memfasilitasi siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta kecakapan-kecakapan lainnya melalui kegiatan pembelajaran aktif baik di dalam maupun di luar kelas. Ketiga, selama pelajaran berlangsung, guru bersama-sama dengan siswa memantau/mengecek perkembangan penguasaan kompetensi siswa untuk mengetahui apakah setiap siswa mencapai penguasaan sebagaimana diharapkan, dan apakah proses pembelajaran perlu perbaikan (penyesuaian).
Apabila pemantauan kemajuan penguasaan kompetensi menunjukkan bahwa setiap siswa telah mencapai kemajuan yang ditargetkan secara optimal, proses pembelajaran dapat dilanjutkan tanpa perlu adanya perbaikan/penyesuaian. Apabila sebaliknya, guru perlu melakukan perbaikan (penyesuaian) terhadap proses pembelajaran yang telah dirancang untuk memastikan bahwa setiap siswa mencapai kemajuan yang maksimal. Kegiatan guru (bersama-sama dengan siswa) memantau/mengecek kemajuan penguasaan kompetensi yang diikuti dengan upaya perbaikan dan/atau penyesuaian kegiatan pembelajaran untuk memfasilitasi setiap siswa mencapai penguasaan yang diharapkan disebut penilaian formatif (formative assessment) atau yang juga disebut penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning).
0 komentar:
Posting Komentar