Jumat, 26 Maret 2021

Program Jangka Pendek Guru Penggerak

 

Salam dan Bahagia. Postingan kali ini merupakan laporan kegiatan program jangka pendek yang penulis lakukan sebagai aksi nyata menggairahkan komunitas praktisi melalui diskusi untuk merefleksikan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi yang dilaksanakan guru di SMP Negeri 1 Abang.


VISI

Terwujudnya Lulusan yang Beriman, Terdidik dan Berbudaya

Indikator Visi:
1. Terwujudnya warga sekolah yang berbudi pekerti luhur dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Terwujudnya peserta didik yang berprestasi pada bidang akademik dan non Akademik , serta lulusan yang berprestasi, kompetitif, beriman dan bertaqwa.
3. Terwujudnya Standar Isi (Kurikulum) yang sesuaituntutan dan tantangan masa depan.
4. Terwujudnya Proses Pembelajaran yang diselenggarakan secara aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM).
5. Terwujudnya pengembangan standar penilaian pendidikan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan kurikulum.
6. Terwujudnya pencapaian kompetensi pendidik dan kependidikan yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan pendidikan Nasional
7. Tersedianya sarana prasarana pendidikan yang relevan, mutakhir dan berwawasan ke masa depan.
8. Terwujudnya standar pengelolaan pendidikan yang mengacu manajemen berbasis sekolah ( MBS).
9. Terwujudnya biaya pendidikan yang memadai, efektif dan akuntabel.
10. Terwujudnya pengembangan standar penilaian pendidikan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan kurikulum.
11. Terwujudnya sekolah sebagai lingkungan belajar yang kondusif, bersih, indah, rindang dan nyaman..

MISI SEKOLAH

1. Mewujudkan nilai budi pekerti luhur, keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa:
Misi :
a. Menyelenggarakan pembelajaran pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya.
b. Menyelenggarakan dan melaksanakan kegiatan hari-hari besar keagaamaan.
c. Menyelenggarakan kegiatan ekstra kurikuler terkait dengan bidang keagamaan
d. Melaksanakan bakti sosial, dll

2. Meningkatkan standar kompetensi lulusan yang berkualitas serta capaian prestasi akademik dan non akademik yang terus meningkat.
Misi :
a. Mewujudkan pengembangan standar pencapaian ketuntasan kompetensi.
b. Mewujudkan peningkatan standar kelulusan tiap tahunnya .
c. Mewujudkan pengembangan kejuaraan lomba- lomba dan prestasi akademik.
d. Mewujudkan pengembangan kejuaraan lomba- lomba dan prestasi nonakademik, kedisiplinan dan ketaqwaan

3. Meningkatkan pengembangan Standar Isi/Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sesuai dengan tuntutan dan tantangan masa depan.
Misi:
a. Menyelenggarakan workshop pengembangan Standar Isi kurikulum 2013.
b. Menyelenggarakan kajian terhadap isi kurikulum 2013 di MGMP
c. Mengembangkan kalender kegiatan pendidikan di sekolah.
d. Melaksanakan kajian silabus kurikulum 2013.
e. Memetakan kompetensi dasar dan indikator-indikator kompetensi yang sesuai dengan Kompetensi Inti pada setiap mata pelajaran.
f. Menyusun RPP yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.
g. Mendokumentasikan perangkat pembelajaran secara tertib dan lengkap

4. Mewujudkan proses pembelajaran yang diselenggarakan secara aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM).
Misi :
a. Mewujudkan pengembangan dan inovasi metode pengajaran pada semua mata pelajaran
b. Mewujudkan pengembangan dan inovasi bahan pembelajaran
c. Mewujudkan pengembangan dan inovasi sumber pembelajaran.
d. Mewujudkan pengembangan dan inovasi model pengelolaan atau manajemen kelas

5. Meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan pendidikan nasional.
Misi :
1. Mewujudkan peningkatan kualifikasi tenaga pendidik sesuai SNP
2. Mewujudkan pengembangan keakhlian khusus tenaga pendidik yang terampil dan kompetitif
3. Mewujudkan peningkatan kompetensi tenaga pendidik sebagai agen pembelajaran
4. Mewujudkan pengembangan keahlian khusus tenaga kependidikan
5. Mewujudkan peningkatan kompetensi kepala sekolah.

6. Meningkatkan dan menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang relevan, mutakhir dan berwawasan ke masa depan.
Misi :
1. Mewujudkan peningkatan dan pengembangan serta inovasi- inovasi media pembelajaran untuk semua mata pelajaran.
2. Mewujudkan peningkatan dan pengembangan serta inovasi – inovasi peralatan pembelajaran untuk semua mata pelajaran.
3. Mewujudkan pengembangan prasarana ( ruang, laboratorium,dll ) pendidikan dan atau pembelajaran.
4. Mewujudkan penciptaan atau pengembangan lingkungan belajar yang kondusif
5. Mewujudkan peningkatan dan pengembangan peralatan laboratorium komputer, IPA, Bahasa dan laboratorium lainnya
6. Mewujudkan pengembangan jaringan internet, baik bagi peserta didik, pendidik maupun tenaga kependidikan.
7. Mewujudkan pengembangan atau peningkatan peralatan / bahan perawatan sarana dan prasarana pendidikan
8. Mewujudkan pengembangan peralatan dan inovasi pusat-pusat sumber belajar

7. Mewujudkan standar pengelolaan pendidikan yang mengacu pada prinsip manajemen berbasis sekolah (MBS).
Misi :
a. Mewujudkan pengembangan atau pembuatan rencana kerja sekolah (RKS) tiap tahun, baik untuk jangka pendek , menengah maupun panjang.
b. Mewujudkan pengembangan pendayagunaan SDM sekolah dengan cara membuat dan pembagian tugas-tugas secara jelas.
c. Mewujudkan pengembangan struktur dan keorganisasian sekolah sesuai dengan kebutuhan sekolah.
d. Mewujudkan pembelajaran secara efektif dan efisien.
e. Mewujudkan pengembangan dan melengkapi administrasi sekolah.
f. Mewujudkan Implementasi MBS mengenai kemandirian/ otonomi sekolah, transparansi, akuntabilitas, partisipasi/ kerja sama, fleksibelitas, dan kotinuitas baik mengenai program, keuangan, hasil – hasil program serta lainnya oleh pihak manajemen sekolah.
g. Mewujudkan monitoring dan evaluasi oleh sekolah tentang kinerja sekolah.
h. Mewujudkan supervisi klinis oleh kepala sekolah.
i. Mewujudkan penggalangan partisipasi masyarakat (perberdayaan komite sekolah).
j. Mewujudkan jaringan informasi akademik di internal maupun eksternal sekolah (SIM).
k. Mewujudkan,membuat atau menciptakan jaringan kerja yang efektif dan efisien baik secara vertikal dan horisontal.
l. Mewujudkan implementasi model-model manajemen.
m. Mewujudkan dan membuat pelaporan – pelaporan kepada berbagai pihak yang relevan, baik menyangkut bidang akademik, nonakademik atau manajemen sekolah lainnya

8. Terwujudnya biaya pendidikan yang memadai, efektif, dan akuntabel
Misi :
a. Mewujudkan pengembangan jalinan kerja sama dengan penyandang dana, baik donatur tetap maupun tidak tetap dan penggalangan dana dari berbagai sumber termasuk dari sponsor.
b. Mewujudkan penciptaan usaha – usaha di sekolah atau di luar sekolah sebagai income generating activities.
c. Mewujudkan pendayaangunaan potensi sekolah dan lingkungan yang menghasilkan keuntungan ekonomik
d. Mewujudkan jalinan kerja sama dengan alumni , khususnya untuk penggalangan dana pendidikan


9. Mewujudkan pengembangan standar penilaian pendidikan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan kurikulum.
Misi :
a. Mengadakan pelatihan penilaian hasil pembelajaran berbasis IT.
b. Melaksanakan penilaian berbasis IT.
c. Mengembangkan penilaian berdasarkan kurikulum 2013.
d. Mengembangkan perangkat penilaian kurikulum 2013.
e. Melaksanakan PH dan PTS yang terprogram dengan sistematis.
f. Melaksanakan PAS yang efektif dan efisien.
g. Melaksanakan US dan UN secara sistematis.
h. Melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang efektif dan efisien.
i. Mewujudkan dokumen penilaian yang tertib dan lengkap.
j. Pendokumentasian hasil penilaian pendidikan secara on line.

10. Mewujudkan pengembangan budaya dan lingkungan sekolah yang kondusif, bersih, indah, rindang, dan nyaman.
Misi :
a. Mewujudkan kebiasaan hidup bersih.
b. Menciptakan lingkungan yang berbudaya, asri, lestari dan indah.
c. Mewujudkan sistem sanitasi/drainase yang sehat.
d. Membuat tamanisasi yang sistematis dan efektif.
e. Mewujudkan budaya memberi tauladan yang
f. Melaksanakan pengibaran bendera merah putih setiap Hari Senin oleh siswa secara bergilir antar kelas.
g. Membiasakan siswa untuk berbaris sebelum masuk kelas untuk memulai pelajaran.
h. Membiasakan siswa untuk bersalaman dengan guru dan anak sebelum keluar ruangan atau halaman sekolah.
i. Membiasakan melakukan hormat bendera dan menyanyikan Lagu Indonesia Raya sebelum pelajaran dimulai.
j. Membiasakan warga sekolah untuk melaksanakan kegiatan literasi sesuai dengan jadwal
k. Membiasakan membuang sampah di tempat yang telah disediakan sesuai dengan jenis sampah yang ada.
l. Meningkatkan kerja sama dengan lembaga lain dalam pengembangan budaya.
m. Mengembangkan lomba-lomba kebersihan, kesehatan dan kerindangan.
n. Mewujudkan hubungan yang harmonis antar warga sekolah dan menumbuhkan sikap individual yang berkarakter serta mampu menempatkan kesetaraan gender.


C. TUJUAN SEKOLAH DALAM 4 TAHUN

Berdasarkan visi dan misi di atas, tujuan pendidikan di SMP Negeri 1 Abang dalam 4 (empat) tahun adalah:

1. Sekolah mampu mewujudkan peserta didik yang berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
a. Sekolah mampu mewujudkan warga sekolah yang taat beribadah, sopan, dan saling menghargai
b. Sekolah mampu mewujudkan warga sekolah yang disiplin, taat aturan, dan saling menghormati

2. Sekolah mampu mewujudkan peserta didik yang berprestasi pada akademik, dan non akdemik
a. Sekolah mampu mencapai ketuntasan kompetensi.
b. Sekolah mampu mencapai peningkatan standar kelulusan tiap tahunnya.
c. Sekolah mampu menjadi juara lomba- lomba dan prestasi akademik di tingkat kecamatan dan kabupaten.
d. Sekolah mampu menjadi juara lomba- lomba dan prestasi nonakademik, kedisiplinan dan ketaqwaan di tingkat kecamatan dan kabupaten.

3. Sekolah mampu menghasilkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang sesuai tantangan masa depan
a. Sekolah mampu menghasilkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam bentuk dokumen 1 yang lengkap.
b. Sekolah mampu menghasilkan kalender pendidikan sesuai dengan SNP
c. Sekolah mampu menghasilkan pemetaan standar kompetensi untuk semua mata pelajaran.
d. Sekolah mampu menghasilkan silabus untuk semua mata pelajaran.
e. Sekolah mampu menghasilkan sistem penilaian untuk semua mata pelajaran.
f. Sekolah mampu menghasilkan rencana pengembangan pembelajaran untuk semua mata pelajaran.
g. Sekolah mampu menghasilkan kerangka dasar dan struktur kurikulum sesuai dengan SNP.
h Sekolah mampu menghasilkan beban belajar sesuai dengan SNP.
i. Sekolah mampu menghasilkan kurikulum muatan lokal sesuai dengan SNP

4. Sekolah mampu mewujudkan proses pembelajaran secara aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM)
a. Sekolah mampu menghasilkan pengembangan dan inovasi metode pengajaran pada semua mata pelajaran
b. Sekolah mampu menghasilkan inovasi bahan pembelajaran untuk semua mata pelajaran.
c. Sekolah mampu menghasilkan inovasi sumber pembelajaran semua mata pelajaran.
d. Sekolah mampu menghasilkan inovasi model pengelolaan atau manajemen kelas semua mata pelajaran.

5. Sekolah mampu mewujudkan pencapaian tenaga pendidik dan kependidikan yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan pendidikan nasional.
a. Sekolah mampu meningkatkan kualifikasi tenaga pendidik sesuai SNP.
b. Sekolah mampu menghasilkan tenaga pendidik yang terampil dan kompetitif
c. Sekolah mampu meningkatkan kompetensi tenaga pendidik sebagai agen pembelajaran
d. Sekolah mampu meningkatkan keahlian khusus tenaga kependidikan sesuai bidangnya.
e. Sekolah mampu meningkatkan kompetensi kepala sekolah sesuai dengan kompetensinya.

6. Sekolah mampu mewujudkan sarana prasarana pendidikan yang relevan, mutakhir dan berwawasan ke masa depan.
a. Sekolah mampu meningkatkan inovasi-inovasi media pembelajaran untuk semua mata pelajaran.
b. Sekolah mampu meningkatkan inovasi – inovasi peralatan pembelajaran untuk semua mata pelajaran.
c. Sekolah mampu meningkatkan prasarana ( ruang, laboratorium,dll ) pendidikan dan atau pembelajaran.
d. Sekolah mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
e. Sekolah mampu meningkatkan dan mengembangkan peralaran laboratorium komputer, IPA, Bahasa dan laboratorium lainnya.
f. Sekolah memiliki jaringan internet, baik bagi peserta didik, pendidik maupun tenaga kependidikan.
g. Sekolah memiliki peralatan / bahan perawatan sarana dan prasarana pendidikan
h. Sekolah memiliki peralatan dan inovasi pusat-pusat sumber belajar untuk semua mata pelajaran.

7. Sekolah mampu mewujudkan pengelolaan pendidikan yang mengacu manajemen berbasis sekolah (MBS)
a. Sekolah memiliki rencana pengembangan sekolah ( RPS) tiap tahun, baik untuk jangka pendek , menengah maupun panjang.
b. Sekolah memiliki SDM sekolah yang profesional dengan cara membuat dan pembagian tugas-tugas secara jelas.
c. Sekolah memiliki struktur dan keorganisasian sekolah sesuai dengan kebutuhan sekolah.
d. Sekolah mampu menghasilkan proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
e. Sekolah mampu menghasilkan proses perangkat penilaian untuk semua mata pelajaran yang sesuai SNP.
f. Sekolah mampu menghasilkan administrasi sekolah yang baik.
g. Sekolah mampu mengimplementasikan MBS mengenai kemandirian/ otonomi sekolah, transparansi, akuntabilitas, partisipasi/ kerja sama, fleksibelitas, dan kotinuitas baik mengenai program, keuangan, hasil – hasil program serta lainnya oleh pihak manajemen sekolah.
h. Sekolah mampu mengimplementasikan monitoring dan evaluasi oleh sekolah tentang kinerja sekolah.
i. Sekolah mampu mengimplementasikan supervisi klinis oleh kepala sekolah sesuai dengan kriteria yang ada.
j. Sekolah mampu menggalang dana partisipasi masyarakat (perberdayaan komite sekolah) dan mengelolanya dengan baik.
k. Sekolah mampu mengimplementasikan jaringan informasi akademik di internal maupun eksternal sekolah (SIM) dan PAS dengan baik.
l. Sekolah mampu membuat atau menciptakan jaringan kerja yang efektif dan efisien baik secara vertikal dan horisontal.
m. Sekolah mampu mengimplementasikan model-model manajemen.
n. Sekolah mampu membuat melaporan – pelaporan kepada berbagai pihak yang relevan, baik menyangkut bidang akademik, nonakademik atau manajemen sekolah lainnya

8. Sekolah mampu menggalang dan menggunakan biaya pendidikan yang memadai, efektif, dan akuntabel.
a. Sekolah mampu menjalin kerja sama dengan penyandang dana, baik donatur tetap maupun tidak tetap dan penggalangan dana dari berbagai sumber termasuk dari sponsor.
b. Sekolah mampu menciptakan usaha – usaha di sekolah atau di luar sekolah sebagai income generating Activities.
c. Sekolah mampu mendayagunakan potensi sekolah dan lingkungan yang menghasilkan keuntungan ekonomik
d. Sekolah mampu menjalin kerja sama dengan alumni , khususnya untuk penggalangan dana pendidikan
9. Sekolah mampu mewujudkan pengembangan standar penilaian pendidikan yang autentik sesuai dengan tuntutan perkembangan kurikulum.
a. Sekolah mampu mengembangkan perangkat model – model penilaian pembelajaran.
b. Sekolah mampu mengimplementasikan model evaluasi pembelajaran : ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas dan model lainnya.
c. Sekolah mampu mengembangkan instrumen atau perangkat soal-soal, pedoman evaluasi dan implementasi model evaluasi pembelajaran.
d. Sekolah mampu mengembangkan pedoman-pedoman evaluasi sesuai dengan pedoman di SNP.
e. Sekolah mampu menyelenggarakan lomba – lomba uji coba, dan sejenisnya dalam upaya peningkatan standar nilai atau ketuntasan kompetensi.
f. Sekolah mampu menjalin hubungan baik dengan pihak-pihak terkait untuk melaksanakan penilaian dalam rangka pengembangan perangkat penilaian sampai dengan analisa dan pelaporan hasil belajar peserta didik.
g. Sekolah mampu menjalin dengan pihak lain untuk melaksanakan tes atau uji coba prestasi peserta didik secara periodik.
10. Sekolah mampu menjadi lingkungan belajar yang kondusif, bersih, indah, rindang, dan nyaman.
a. Sekolah menjadi lingkungan yang sejuk, nyaman untuk terjadinya kegiatan belajar mengajar
b. Sekolah mampu menjaga peserta didik dari gangguan luar maupun dalam, sehingga nyaman dan kondusif dalam belajar
c. Sekolah mampu mewujudkan kegiatan literasi sebagai bagian dari budaya sekolah




Program Jangka Pendek guru penggerak dalam mewujudkan Visi dan Misi sekolah diantaranya sebagai berikut.

1. Melaksanakan program pembelajaran Model PAKEM dengan RPP berdiferensiasi
langkah-langkah yang saya laksanakan antara lain:

a. Mengumpulkan informasi tentang gaya belajar siswa

b. Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang berdiferensiasi

c. Menyediakan media pembelajaran yang Pakem

2. Untuk melaksanakan perubahan pembelajaran disekolah yang berdampak pada murid maka perlu mendapat dukungan dari kepala sekolah dan guru sejawat dalam bentuk seperti berikut.

a. Memberikan dukungan kepada guru dalam pembelajaran dengan model PAKEM dengan RPP berdiferensiasi.

b. Memfasilitasi MGMP sekolah dalam penyusunan RPP

c. Melaksanakan supervisi pembelajaran di kelas dengang menjadi guru coteaher di setiap kelas pada Google Classroom tiap mata pelajaran.


Hasil kegiatan dari Program Jangka Pendek.

Kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan visi dan misi sekolah yang berdampak pada siswa sudah terlaksana sesuai dengan alokasi waktu yang diprogramkan dengan hasil yang cukup memuaskan. Akan tetapi, beberapa kendala juga ditemukan dalam pelaksanaan program sekolah tersebut.

Kegiatan yang sudah dilaksankan antara lain menyusun program dengan membuat RPP model PAKEM yang berdiferensiasi sesuai dengan gaya belajar siswa, sehingga siswa lebih mudah dan menyenangkan dalam belajar dan tugas yang di berikan tidak ada kendala bagi mereka. Model RPP tersebut seperti yang tertera di bawah ini.
 

  KEGIATAN PEMBELAJARAN DENGAN SISWA YANG PAKEM DAN BERDIFERENSIASI



HASIL BELAJAR YANG DIPEROLEH DAN KUMPULAN TUGAS SISWA










0 komentar:

Posting Komentar