Jumat, 07 Mei 2021

Hasil Ruang Kolaborasi - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 

Program Berdampak pada siswa

Kelompok 2

I Gede Aries Pidrawan

Ni Luh Sudewi

I Wayan Suriasa

Meningkatkan Prestise Sekolah Melalui Pengembangan Kelompok Pecinta Mata Pelajaran

Tujuan Program :

  1.  Meningkatkan kemampuan siswa di bidang MATEMATIKA, IPA dan IPS, baik dalam bentuk pemahaman maupun analisis dan praktik sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan.
  2. Meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang Matematika dan Sains secara Komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam suatu kompetisi yang sehat serta menjunjung nilai-nilai sportivitas.
  3. Menyediakan wahana bagi siswa  untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan Sains sehingga dapat berkreasi serta melakukan inovasi secara optimal.
  4. Memotivasi siswa  agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan norma-norma yang sehat sehingga dapat memacu kemampuan berpikir nalar.
  5. Meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreativitas serta menanamkan sikap disiplin dan kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
  6. Mendapatkan peserta didik yang berhasil mencapai prestasi puncak di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  7. Mengembangkan budaya masyarakat yang apresiatif terhadap prestasi di bidang pendidikan.
  8. Secara khusus, kegiatan ini bertujuan mempersiapkan siswa untuk mengikuti lomba yang berkaitan dengan mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS, seperti Lomba Mata Pelajaran atau Olimpiade baik di tingkat kabupaten, provinsi, ataupun nasional.

Tahapan Bagja

Rencana Tahapan

B-uat Pertanyaan

v  Bagaimana cara mengembangkan kelompok pecinta mata pelajaran?

v  Siapa Pembina kelompok pecinta mata pelajaran?

v  Apakah tujuan kelompok pecinta mata pelajaran?

v  Siapa yang menjadi peserta kelompok pecinta mata pelajaran?

 

A-mbil Pelajaran

v  Guru mata pelajaran memberikan pembinaan kepada siswa setiap minggu

v  Siswa dipilih berdasarkan minat dan kemampuan mereka di mata pelajaran tertentu

v  Pembinaan diintensifkan jika mau ada perlombaan atau kompetisi

 

G-ali Mimpi

v  Dengan membuat kelompok pecinta mata pelajaran maka siswa-siswa yang memiliki kompetensi lebih pada suatu mata pelajaran tertentu akan bisa diasah dan dipersiapkan untuk menjuari perlombaan atau kompetisi

v  Menyiapkan siswa-siswa untuk berkompetisi baik kabupaten, propinsi, nasional bahkan internasional

 

J-abarkan Rencana

v  Wakasek kesiswaan berkoordinasi dengan kepala sekolah membuatkan SK pembina

v  Membuatkan jadwal kegiatan pembinaan setiap minggu

v  Melakukan sosialisasi kepada seluruh warga sekolah (guru, tenaga kependidikan, dan murid)

v  Melakukan pengawasan serta monitoring mengenai keterlaksanaan program

v  Melaporkan hasil keterlaksanaan program kepada sekolah

 

A-tur Eksekusi

v  Penanggung jawab Kegiatan : Kepala Sekolah

v  Pendamping Kegiatan : wakasek kesiswaan, wakasek kurikulum dan Pembina

v  Melakukan evaluasi setelah ada perlombaan mata pelajaran tertentu

v  Setiap akhir semester dilakukan evaluasi program melalui rapat koordinasi antara Kepala sekolah, wakasek, Pembina dan guru lainnya.



0 komentar:

Posting Komentar