Sabtu, 13 November 2021

Konsep Perkembangan Numerasi

 


Setelah kita mempelajari latar belakang munculnya miskonsepsi perkembangan literasi dan bertanya jawab mengenai beberapa miskonsepsi perkembangan numerasi, mari kita perkuat pengetahuan dan pemahaman kita perihal perkembangan numerasi itu sebenarnya.

Silakan pelajari materi yang diberikan pada setiap halaman, dan berikan ringkasan singkat menggunakan bahasa sendiri untuk lebih memperkuat materi.

Bapak/Ibu juga dapat menyimak dan memberikan komentar terhadap jawaban peserta lainnya agar mendapatkan pemahaman lebih mendalam mengenai materi yang dipelajari.

Perkembangan Numerasi

  1. Kurikulum Numerasi di Negara-negara Maju

Canada (Lahir – Usia Prasekolah (0 – 6 tahun))

Canadian Child Care Federation (2009) menjabarkan perkembangan numerasi anak dari semenjak lahir sampai berusia 6 tahun. Menurut Canadian Child Care Federation (2009), perkembangan numerasi sudah bisa terlihat dari semenjak anak tersebut lahir. Semakin bertambah usia, m aka kemampuan numerasi seorang anak juga akan semakin berkembang. 


Australia (Usia Sekolah 6 - 15 tahun (TK – Kelas 10))

Untuk tahapan perkembangan numerasi dalam pembelajaran di sekolah, beberapa negara seperti Australia membaginya ke dalam beberapa tahapan yang berkesinambungan. Kesinambungan pembelajaran atau yang dikenal dengan istilah learning continua ini mengisyaratkan bahwa peserta didik membutuhkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya dari waktu ke waktu. Materi yang  mereka pelajari di tahun-tahun sebelumnya akan mendukung pembelajaran berikutnya.

  1. Kurikulum Numerasi di Indonesia

Lalu bagaimana dengan kurikulum pendidikan di Indonesia? Dimanakah numerasi bisa ditemukan? 

  1. Concrete-Pictorial-Abstract (Teori CPA)

Pernahkah bapak/ibu menggunakan alat peraga atau manipulatif dalam pembelajaran matematika? Jika pernah, apakah alasan bapak/ibu menggunakan alat peraga tersebut?

Perkembangan Numerasi
Perkembangan numerasi di beberapa negara. Kurikulum Numerasi di Negara-negara Maju Canada (Lahir – Usia Prasekolah (0 – 6 tahun)) Canadian Child Care Federation (2009) menjabarkan perkembangan numerasi anak dari semenjak lahir sampai berusia 6 tahun. Menurut Canadian Child Care Federation (2009), perkembangan numerasi sudah bisa terlihat dari semenjak anak tersebut lahir. Semakin bertambah usia, m aka kemampuan numerasi seorang anak juga akan semakin berkembang. Australia (Usia Sekolah 6 - 15 tahun (TK – Kelas 10)) Untuk tahapan perkembangan numerasi dalam pembelajaran di sekolah, beberapa negara seperti Australia membaginya ke dalam beberapa tahapan yang berkesinambungan. Kesinambungan pembelajaran atau yang dikenal dengan istilah learning continua ini mengisyaratkan bahwa peserta didik membutuhkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya dari waktu ke waktu. Materi yang mereka pelajari di tahun-tahun sebelumnya akan mendukung pembelajaran berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar