Setelah kita mempelajari latar belakang munculnya miskonsepsi perkembangan literasi dan bertanya jawab mengenai beberapa miskonsepsi perkembangan numerasi, mari kita perkuat pengetahuan dan pemahaman kita perihal perkembangan numerasi itu sebenarnya.
Silakan pelajari materi yang diberikan pada setiap halaman, dan berikan ringkasan singkat menggunakan bahasa sendiri untuk lebih memperkuat materi.
Bapak/Ibu juga dapat menyimak dan memberikan komentar terhadap jawaban peserta lainnya agar mendapatkan pemahaman lebih mendalam mengenai materi yang dipelajari.
Perkembangan Numerasi
- Kurikulum Numerasi di Negara-negara Maju
Canada (Lahir – Usia Prasekolah (0 – 6 tahun))
Australia (Usia Sekolah 6 - 15 tahun (TK – Kelas 10))
Untuk tahapan perkembangan numerasi dalam pembelajaran di sekolah, beberapa negara seperti Australia membaginya ke dalam beberapa tahapan yang berkesinambungan. Kesinambungan pembelajaran atau yang dikenal dengan istilah learning continua ini mengisyaratkan bahwa peserta didik membutuhkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya dari waktu ke waktu. Materi yang mereka pelajari di tahun-tahun sebelumnya akan mendukung pembelajaran berikutnya.
- Kurikulum Numerasi di Indonesia
Lalu bagaimana dengan kurikulum pendidikan di Indonesia? Dimanakah numerasi bisa ditemukan?
- Concrete-Pictorial-Abstract (Teori CPA)
Pernahkah bapak/ibu menggunakan alat peraga atau manipulatif dalam pembelajaran matematika? Jika pernah, apakah alasan bapak/ibu menggunakan alat peraga tersebut?
0 komentar:
Posting Komentar