Rabu, 11 November 2020

Pemikiran Filosofi Ki hajar Dewantara (Modul 1.1)


 1.1..a.2. Pendahuluan Modul 1.1.

Surat dari Instruktur
Selamat datang Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)
Selamat! Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak (CGP) telah bersedia menyediakan waktu untuk menjadi bagian dari Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP). Program pendidikan ini merupakan wujud komitmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkolaborasi dengan berbagai pihak pemangku kepentingan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi murid-murid Indonesia. Melalui individu-individu yang proaktif dan memiliki kepedulian terhadap kemajuan dan mutu pendidikan di Indonesia, maka dibentuklah program pendidikan guru penggerak. 

Selama setahun ke depan Bapak/Ibu CGP akan diajak untuk mempertajam keterampilan kepemimpinan Anda, menggali lebih dalam tentang jati diri Bapak/Ibu CGP, mengasah berbagai keterampilan manajemen sekolah serta memperkaya dan menunjang sumber daya manusia yang berkualitas dan mumpuni. Semua kegiatan ini akan dilakukan melalui pelatihan daring (dalam jaringan) maupun tatap muka dengan pemodelan pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar peserta didik/pelatihan.

“Menuju Manusia Merdeka” – Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara menjadi titik awal Bapak/Ibu CGP menjadi agen perubahan dalam transformasi Pendidikan di sekolah. Pada sub modul 1 ini, kita akan membahas lebih mendalam, dan mendemontrasikan konsep pemikiran-pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewanatara menuju manusia Indonesia merdeka seperti: konsep Kodrat Alam dan Kodrat Zaman, Asas TriKon, konsep 'Budi Pekerti', dan Patrap Triloka dengan membandingkan penerapan pendidikan abad 21 pada konteks lokal (budaya) di tempat asal; serta bersikap reflektif kritis terhadap pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara dalam mendesain kerangka Filosofis Pendidikan Merdeka untuk Pendidikan Indonesia sesuai dengan konteks lokal daerah asal.

Pada akhirnya kami harapkan Bapak/Ibu CGP akan menikmati proses perjalanan pembelajaran, menjadi seorang pemimpin pembelajar yang berkualitas dan mandiri. Semoga waktu dan energi yang telah Bapak/Ibu CGP investasikan akan dipergunakan sebaik-baiknya dan tentunya bermanfaat untuk diri sendiri dan orang banyak.

Teruslah bertanya, teruslah menggali dan teruslah belajar!

Salam,Instruktur



Capaian Pembelajaran Umum
Secara umum, profil kompetensi Guru Penggerak yang ingin dicapai dari modul ini adalah:
  1. CGP mampu memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi-kritis atas korelasi nilai-nilai tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.
  2. CGP mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.
  3. CGP mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan.

Capaian Pembelajaran Khusus
Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu:
  1. mendemonstrasikan pemahaman terhadap Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya terhadap konteks Pendidikan Indonesia saat ini dengan membandingkan penerapan pendidikan abad 21 pada konteks lokal (budaya) di tempat asal mereka
  2. menerjemahkan konsep Merdeka Belajar ke dalam tataran implementasi sesuai konteks lokal (budaya) di tempat asal mereka
  3. mampu bersikap reflektif dan kritis terhadap Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Isi Materi Modul
Kerangka pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD): Dasar-Dasar Pendidikan & Pendidikan Merdeka
Relevansi dan kontekstualisasi Filosofi Pendidikan KHD dengan situasi Pendidikan di tingkat daerah dan tingkat nasionalAlur Belajar MERDEKA
Alur Belajar
  • Mulai dari diri
  • Eksplorasi konsep
  • Ruang kolaborasi
  • Refleksi Terbimbing
  • Demonstrasi kontekstual
  • Elaborasi pemahaman
  • Koneksi antar materi
  • Aksi nyata
Mulai dari diri
Kegiatan pembelajaran pemantik:
  1. CGP menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif-kritis untuk mengetahui pemahaman diri tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara,
  2. CGP menuliskan harapan bagi diri sendiri dan murid-murid setelah mempelajari modul 1.1 dan ekspektasi mengenai materi dan kegiatan yang akan ditemui dalam modul.
Eksplorasi konsep
Mandiri

  • CGP mengakses video tentang pendidikan di Indonesia dari zaman kolonial dan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan.
  • CGP membaca 2 teks Pemikiran Ki Hadjar Dewantara (Dasar Dasar Pendidikan & Metode Montessori, Frobel dan Taman Anak).
  • CGP mengakses video tentang interpretasi filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara.
  • CGP membuat rekaman audio atau video singkat untuk menggambarkan pemahamannya mengenai pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
Forum Diskusi:
  • CGP mendapatkan materi dari instruktur tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
  • CGP melakukan diskusi dalam kelompok kecil untuk menjawab pertanyaan mengenai proses pembelajaran yang mencerminkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
  • CGP mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan mendapatkan umpan balik positif dari Instruktur.
Ruang kolaborasi
CGP berkolaborasi untuk mendesain kerangka pembelajaran yang sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan konteks lokal daerah asal, kemudian mempresentasikannya.

Refleksi Terbimbing
CGP merefleksikan pengetahuan dan pengalaman setelah mempelajari pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
Demonstrasi kontekstual
CGP membuat karya (video pendek, komik, lagu, puisi, podcast dll) dalam menjelaskan pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara (KHD) dan mengunggahnya di LMS.

Elaborasi pemahaman
CGP mengikuti sesi diskusi langsung dalam bentuk Konferensi Filosofi Pendidikan KHD yang disampaikan oleh perwakilan Perguruan Taman Siswa serta praktik-praktik baik beberapa sekolah lain untuk memperluas pemahaman mengenai pemikiran filosofis KHD.
Paparan dalam konferensi ini sejatinya memperdalam dan mempertajam pemikiran-pemikiran CGP dalam mendemonstrasikan secara konkret pemikiran-pemikiran KHD di sekolah dan kelas masing-masing CGP.

Koneksi antar materi
CGP melihat lagi seluruh materi yang sudah dipelajari dari pemikiran-pemikiran KHD kemudian membuat hubungan antara materi-materi tersebut dan juga keterkaitannya dengan praktik yang konkret bersama dengan murid dan rekan guru di sekolah asal.

Aksi nyata
CGP membuat membuat portofolio dari perubahan konkret di sekolah yang terdiri dari dokumentasi foto/video dan tulisan refleksi. Waktu pelaksanaan rencana aksi adalah 4 minggu sejak berakhirnya sesi Modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara.


0 komentar:

Posting Komentar