RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA
Modul 1.4.a.9 Membumikan 5S Dan 3R Untuk Mewujudkan Sekolah Yang Damai dan Asri
LATAR BELAKANG
Sekolah merupakan suatu rumah yang aman, nyaman dan
bermakna bagi seluruh warga sekolah. Di sini mereka melakukan kegiatan
pembelajaran dengn rileks, bahagia, tanpa dibebani pencapaian skor dan mencapai
ketuntasan kurikulum sekolah. Setiap peserta didik memiliki potensi positif
dalam setiap kodrat mereka baik menyangkut kodrat alam maupun kodrat zaman.
Selanjutnya melalui pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan
diharapkan dapat membuat siswa lebih menikmati dalam mengeksplorasi
pengetahuan dan keterampilan serta sikap yang mereka miliki. Dalam
mengembangkan keterampilan siswa perlu untuk berinteraksi sosial sesama
warga sekolah secara positif, arif dan bijaksana menuju peserta didik
berkarakter dan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.
Saya merancang aksi nyata 5S, yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun dan 3R yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle terhadap keberadaaan sampah organik dan anorganik yang ada di sekolah. Walaupun saat ini masih dinyatakan pandemic Covid-19, namun mulai semester genap, kegiatan pembelajaran berlangsung secara tatap muka. Sehingga Budaya 5S dan 3R bisa diberdayakan dalam diri siswa.
Saya merancang aksi nyata 5S, yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun dan 3R yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle terhadap keberadaaan sampah organik dan anorganik yang ada di sekolah. Walaupun saat ini masih dinyatakan pandemic Covid-19, namun mulai semester genap, kegiatan pembelajaran berlangsung secara tatap muka. Sehingga Budaya 5S dan 3R bisa diberdayakan dalam diri siswa.
TUJUAN
- Mendidik Siswa untuk membiasakan melaksanakan 3R untuk menjaga kebersihan sekolah
- Mendidik Siswa untuk membiasakan senyum, salam, sapa, sopan dan santun, ketika bertemu dengan teman, Guru , tamu atau siapa saja.
- Menumbuhkan kebiasaan 5S dan 3R, agar menjadi pembiasaan, bukan hanya di sekolah, melainkan juga di rumah atau di masyarakat.
TOLAK UKUR
1. Siswa terbiasa melaksanakan 3R untuk menjaga kebersihan lingkungan
2. Siswa untuk terbiasa 5S kepada siapa saja.
3. Siswa terbiasa melaksanakan 5S dan 3R, di sekolah, rumah dan di masyarakat.
LINIMASA TINDAKAN YANG DILAKUKAN
Minggu 1
- Diawali memohon izin kepada kepala sekolah untuk melakukan terobosan pembaharuan di sekolah terkait menumbuhkan Budaya Positif.
- Guru Melakukan Vicon pertama dengan siswa menggunakan aplikasi google meet untuk membahas :
- Masalah umum yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat
- Budaya Negatif yang melekat pada diri siswa
- Memberi Makna Budaya Positif dengan membuat Membuat “jurnal siswa” yang memuat catatan kegaitan yang dialami siswa di lingkungan sekolah maupun di rumah.
Minggu 2
Membimbing anak membuat jurnal siswa yang berisikan
1. Tanggal, Bulan dan Tahun
2. Kegiatan
3. Siapa
4. Apakah 5S dan 3R sudah berjalan
5. Alasan dilakukan
6. Refleksi diri
7. Mulai Membiasakan 5S dan 3R
Minggu 3
Guru Melakukan Vicom kedua dengan siswa menggunakan aplikasi google meet untuk membahas :
- Rencana melakukan Refleksi akan apa yang sudah dilakukan oleh siswa dengan mempresentasikan dihadapan teman- temannya.
- Siswa lain menanggapi dan memberikan masukkan kepada siswa yang presentasi
Minggu 4
Siswa Mengumpulkan “jurnal siswa” yang sudah dibuat dan melanjutkan budaya 5S dan 3R di lingkungan masyarakat.
DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
1. Kepala sekolah
2. Wali kelas
3. Tenaga Pendidik
4. Orang tua
5. siswa
0 komentar:
Posting Komentar