- Ing Ngarso Sung Tulodo berarti ketika guru berada di depan, seorang guru sebagai pemimpin pembelajaran harus memberi teladan atau contoh dengan tindakan yang baik terutama dalam mengambil keputusan
- Ing Madyo Mangun Karso berarti pada saat diantara murid, guru sebagai pemimpin pembelajaran, dalam mengambil keputusan harus menciptakan prakarsa dan ide bagi murid
- Tut Wuri Handayani
berarti dari belakang, seorang guru sebagai pemimpin pembelajaran dalam
mengambil keputusan harus bisa memberikan dorongan dan arahan serta memberikan
kesempatan kepada murid untuk maju dan berkembang
- Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan?
- Bagaimana kegiatan terbimbing yang kita lakukan pada materi pengambilan keputusan berkaitan dengan kegiatan ‘coaching’ (bimbingan) yang diberikan pendamping atau fasilitator dalam perjalanan proses pembelajaran kita, terutama dalam pengujian pengambilan keputusan yang telah kita ambil. Apakah pengambilan keputusan tersebut telah efektif, masihkah ada pertanyaan-pertanyaan dalam diri kita atas pengambilan keputusan tersebut. Hal-hal ini tentunya bisa dibantu oleh sesi ‘coaching’ yang telah dibahas pada modul 2 sebelumnya.
- Bagaimana pembahasan studi kasus yang fokus pada masalah moral atau etika kembali kepada nilai-nilai yang dianut seorang pendidik.
- Bagaimana pengambilan keputusan yang tepat, tentunya berdampak pada terciptanya lingkungan yang positif, kondusif, aman dan nyaman.
1. 4 paradigma etika
a. Individu lawan masyarakat
b. Rasa keadilan lawan kasihan
c. Kebenaran lawan kesetiaan
d. Jangka pendek lawan jangka panjang
2. 3 prinsip resolusi
a. Berpikir berbasis hasil akhir
b. Berpikir berbasis peraturan
c. Berpikir berbasis rasa peduli
3. 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan
a. Mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan
b. Menentukan siapa yang terlibat
c. Mengumpulkan fakta-fakta
d. Pengujian benar atau salah
e. Pengujian benar lawan benar
f. Melakukan prinsip resolusi
g. Investigasi opsi trilema
h. Buat keputusan
i. Lihat lagi keputusan dan refleksikan
- Selanjutnya, apakah kesulitan-kesulitan di lingkungan Anda yang sulit dilaksanakan untuk menjalankan pengambilan keputusan terhadap kasus-kasus dilema etika ini? Apakah ini kembali ke masalah perubahan paradigma di lingkungan Anda?
1. Nilai dan budaya masyarakat di lingkungan
2. Paradigm berfikir serta
3. Memilih skala prioritas
- Dan pada akhirnya, apakah pengaruh pengambilan keputusan yang kita ambil ini dengan pengajaran yang memerdekakan murid-murid kita?
- Bagaimana seorang pemimpin pembelajaran dalam mengambil keputusan dapat mempengaruhi kehidupan atau masa depan murid-muridnya?
- Apakah kesimpulan akhir yang dapat Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan keterkaitannya dengan modul-modul sebelumnya?
Pemimpin pembelajaran dalam mengambil keputusan mengedepankan keberpihakan pada murid
BalasHapusSemangat pak, teruslah bergerak berbagi untuk bertambah
BalasHapusMantapπ Terus berkarya...
BalasHapusPemahaman yang luar biasa.... tetap menginsfirasi
BalasHapusTeruslah bergerak agar tercipta merdeka belajar dan semangat untuk berbagi
BalasHapusBagi Pak π menambah wawasan dalam pengambilan keputusan yang lebih Ok...
BalasHapusBagus Pak π menambah wawasan dalam pengambilan keputusan yang membangun & ok
BalasHapusBagus pak, mantap..
BalasHapusit is very goodππππ...
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTulisannya dapat menjadi salah satu referensi dalam pengambilan keputusan. Sangat bagus pak ππ
HapusTulisannya dapat menjadi salah satu referensi dalam pengambilan keputusan. Sangat bagus pak ππ
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusbagus...lanjutkan
BalasHapus