- Kasatdik, Waka Kurikulum dan Sarpras, Kepala Perpustakaan, rekan guru, OSIS dan murid
- Buku Perpustakaan yangberkaitan dengan Sains
- Sarana internet yang memadai
Tahapan
BAGJA |
Hasil
Tahapan |
B-uat Pertanyaan |
|
A-mbil Pelajaran |
|
G-ali Mimpi |
Ketrampilan yang diharapkan tumbuh dari sains club adalah tumbuhnya Budaya literasi dalam budaya belajar sains siswa dan menanamkan budaya kompetisi yang positif dan jujur dalam kegiatan lomba. Perilaku murid yang dikembangkan diantaranya: Murid memiliki kemampuan dalam berkompetisi murid sudah pernah ikut kegiatan lomba mata pelajaran di tingkat SD Melatih murid untuk berdisiplin dalam belajar dan pantang menyerah sebelum berlomba Perilaku guru yang dikembangkan diantaranya memberikan pembinaan dan pendampingan dalam kegiatan belajar sains memfasilitasi dan memberikan contoh budaya disiplin dalam belajar Perilaku kepala sekolah dalam kegiatan sains club: Sebagai penanggung jawab program sains club memberikan dukungan baik materi ataupun moral Perilaku orang tua dalam kegiatan sains club: Memberikan dukungan dan pendampingan dan pengawasan kegiatan belajar harian murid di rumah |
J-abarkan Rencana |
Program ini dapat berjalan dengan baik dengan keterlibatan semua stake holder sekolah, dari kepala sekolah sebagai penanggung jawab, para guru sebagai pengarah dan murid sebagai pelaksana. Murid yang menjadi pelaksana mempunyai kebebasan untuk melaksanakan kegiatan dengan petunjuk dan arahan dari guru/kepala sekolah
|
A-tur Eksekusi |
Penanggung jawab dan mekanisme koordinasi antar tim: ·
Laporan dibuat oleh Koordinator kegiatan Sains Club (kelompok mata Pelajaran Sains). Koordinasi dilakukan dengan rapat setiap satu bulan sekali internal diantara pelaksana program/guru sains. Hasil rapat internal dilaporkan kepada wakasek akademik sebagai pengarah kegiatan. Evaluasi dapat dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan dewan guru lainnya. Evaluasi dapat dilakukan melalui rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan guru tiap bulan.Hasil kegiatan akan dimuat di Website Sekolah dan media Sosial Sekolah |
Pertanyaan Kunci Evaluasi Program |
Bagaimana cara menumbuhkan budaya kompetisi dan literasi sains siswa yang baik di SMPN 1 Abang? |
Fokus Monitoring |
Pertimbangan Pemilihan |
Pertanyaan Utama Monitoring |
|
Untuk memastikan kegiatan berjalan dengan baik salah satu tujuan dari kegiatan SAINS CLUB yaitu: murid menjadi lebih kompetitif dan semangat dan memberikan motivasi dalam pembelajaran (Misalnya: dalam membuat tugas- tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran dalam berbagai bentuk sesuai dengan bakat dan minat mereka, serta mendorong kemampuan dalam memecahkan masalah sains sehingga apa yang diprogramkan untuk murid benar-benar dipahami dan diterapkan dalam keseharian sebagai suatu budaya yang positif) | Bagaimana tanggapan murid dengan kegiatan “SAINS CLUB” yang dilaksanakan oleh sekolah? |
Pertanyaan Monitoring |
Sumber Informasi |
Metode |
Kapan/ Bagaimana |
· |
Guru, murid | Wawancara/ observasi | Dalam proses berjalan |
Pertanyaan Monitoring |
Data yang terkumpul |
Kesimpulan |
Catatan Khusus, Pengecualian,dll |
· |
kegiatan sains clubs berjalan sesuai jadwal dan diikuti murid yang telah lolos seleksi. peran orang tua sangat besar dalam memberikan dukungan sekaligus pengawas di rumah tim pelaksana telah melakukan peran sesuai dengan tugas |
Kegiatan “SAINS CLUB” dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana |
|
Faktor-Faktor Pendukung Pelaksanaan Program |
Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Program |
Pembelajaran |
Semua elemen sekolah maupun orang tua, komite sekolah dan pemangku kepentingan mendukung berjalannya program ini Adapun faktor pendukungnya yaitu:
|
Adapun faktor penghambatnya yaitu:
|
Refleksi:
|
LAPORAN
PELAKSANAAN PROGRAM |
Gambaran Umum Program: NAMA PROGRAM : Meningkatkan Prestasi Sekolah Melalui “SAINS CLUB” (Kelompok Sains ) Latar Belakang Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi salah satu syarat utama kemajuan sebuah bangsa. Dewasa ini, banyak sekali murid bertalenta dan berkarakter yang berkompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional. Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berkomitmen untuk terus membuka peluang bagi generasi muda Indonesia berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. para peserta diharapkan mampu menjadikan kompetisi ini sebagai daya dorong yang membentuk karakter siswa berprestasi, jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, dan cinta tanah air. Perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang sains mengalami kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan maupun bidang teknologi lainnya. Penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika, IPA, dan IPS merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa dan menjadi indikator seberapa jauh pencapaian suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Untuk menguasai bidang ilmu pengetahuan di masa depan diperlukan penguasaan materi yang kuat sejak dini. Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi dalam memecahkan masalah yang dihadapi pada kehidupan sehari hari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan di masa yang akan datang. Kelompok sains merupakan kegiatan yang menguji kemampuan prestasi dalam pembinaan kegiatan ekstrakurikuler bagi murid. Jika sebuah sekolah berhasil mengikuti lomba hingga tingkat nasional bahkan dapat meraih medali maka hal itu merupakan prestasi yang dianggap luar biasa, karena kegiatan itu dilaksanakan secara berjenjang serentak di seluruh wilayah Indonesia dan dalam finalnya juga diikuti oleh seluruh peserta dari masing-masing provinsi. SMP Negeri 1 Abang selalu berkeinginan menjadi sekolah yang terbaik dan diperhitungkan eksistensinya di tingkat kabupaten, provinsi, atau bahkan di tingkat nasional dalam aneka lomba, kompetisi, atau olimpiade mata pelajaran. Untuk menghadapi berbagai lomba tersebut, perlu diselenggarakan kegiatan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler bagi murid Tujuan Kegiatan Adapun tujuan kegiatan ‘SAINS CLUB” ini adalah sebagai berikut: 1. Meningkatkan kemampuan siswa SMP di bidang MATEMATIKA, IPA dan IPS, baik dalam bentuk pemahaman maupun analisis dan praktik sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan. 2. Meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang Matematika dan Sains secara Komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam suatu kompetisi yang sehat serta menjunjung nilai-nilai sportivitas. 3. Menyediakan wahana bagi siswa SMP Negeri 1 Abang untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika dan Sains sehingga dapat berkreasi serta melakukan inovasi secara optimal. 4. Memotivasi siswa SMP Negeri 1 Abang agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan norma-norma yang sehat sehingga dapat memacu kemampuan berpikir nalar. 5. Meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreativitas serta menanamkan sikap disiplin dan kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. 6. Mendapatkan peserta didik yang berhasil mencapai prestasi puncak di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. 7. Mengembangkan budaya masyarakat yang apresiatif terhadap prestasi di bidang pendidikan. 8. Secara khusus, kegiatan ini bertujuan mempersiapkan siswa untuk mengikuti lomba yang berkaitan dengan mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS, seperti Lomba Mata Pelajaran atau Olimpiade baik di tingkat kabupaten, provinsi, ataupun nasional. Dukungan yang diperlukan Adapun dukungan yang diperlukan dalam kegiatan “SAINS CLUB” ini adalah sebagai berikut:
Deskripsi Pelaksanaan Program: - Waktu Pelaksanaan Program “SAINS CLUB” ini dilaksanakan secara berkelanjutan - Strategi Pelaksanaan Program Strategi pelaksanaan program metode penggalian data dilakukan melalui wawancara dan observasi pada murid Guru dan Orang Tua siswa pengolahan data hasil wawancara dan observasi dilakukan dengan menarik kesimpulan kemudian Lakukan analisis tentang faktor pendukung dan faktor penghambat hasil analisis kemudian menghasilkan pembelajaran dari program yang telah dilakukan. - Faktor Pendukung dan Penghambat Program Faktor pendukung : semua elemen sekolah, orang tua, komite sekolah, maupun pemangku kepentingan yang mendukung berjalannya program ini dan juga faktor sarana dan prasarana yang disediakan sudah memadai. Adapun faktor pendukungnya yaitu:
Faktor penghambat : pembelajaran dilakukan di rumah akibat pandemi sehingga membutuhkan strategi khusus untuk menjalankan program ini agar bisa berjalan maksimal. Adapun faktor penghambat lainnya yaitu: · kurang motivasi untuk berlatih · sikap malas untuk mengembangkan ide/ gagasan dalam memahami sains - Hasil Pelaksanaan Program · Program “SAINS CLUB” dapat berjalan dengan baik · Hasil pelaksanaan program pelaksanaan ini adalah ketersediaan siswa wa-nya yang bisa digunakan sewaktu-waktu bila ada kegiatan lomba-lomba yang berkaitan dengan mata pelajaran terutama mata pelajaran sains yaitu matematika IPA dan IPS. · Dukungan dan kolaborasi dari semua stake holder termasuk komunitas dan orang tua murid agar tetap berlanjut dengan baik secara konsisten dan berkesinambungan Evaluasi Program: · Kegiatan ini perlu dilatih agar menjadi pembiasaan yang baik bagi murid sehingga membantu murid membentuk pola pikir, perilaku dan membangun karakter manusia untuk peduli dan bertanggung jawab terhadap dirinya terutama dalam menghadapi lomba sains dan kompetisi lainnya. · Diperlukan dukungan dari semua stake holder baik kepala sekolah, guru, murid, orang tua dan komunitas sekolah agar program ini dapat berkelanjutan, termasuk juga dukungan sarana dan prasarana · Selalu melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah berlangsung sehingga hambatan-hambatan yang ditemui dapat segera diatasi dan dicarikan jalan keluar/solusinya Pembelajaran Program: Perlu adanya pembiasaan dari sejak dini untuk kegiatan literasi Sains dan berkompetisi yang positif karena literasi dan kompetisi sangatlah penting untuk membantu murid membentuk pola pikir, perilaku dan membangun karakter manusia untuk peduli dan bertanggung dan memiliki jiwa persaingan yang kompetitif di masa mendatang |
0 komentar:
Posting Komentar