Format Latihan
Menyusun Pra
Usulan
Best Practice (BP)
Format
Latihan Menyusun Pra Best
practice (tuliskan jawaban di tempat yang telah disediakan
Nama
Golongan
/ TMT
Bab I :
Pendahuluan
Judul best practice dibuat semenarik dan sejelas mungkin.
Judul juga menunjukkan permasalahan apa yang akan di bahas atau dipecahkan di
sekolah atau sekolah binaannya.
Contoh :
- Mengkondisikan Iklim
Pendidikan Karakter di Sekolah berbasis 5 Nilai Utama Karakter berbasis
kearifan Lokal.
- Peranan Orang Tua
dalam Implentasi Penguatan Pendiidkan Karakter melalui Modeling
- APLIKASI X TEPAT
PROGRAM MENGAJAR HEBAT
1.1. Isikan rancangan Judul best practice Anda
Misalnya:
……………………………………….
1.2. Tuliskan 5 (lima) alasan mengapa bapak/ibu mempermasalahkan hal tersebut,
•
Adanya Pandemi Virus
Covid-19
•
Anak sekolah dari rumah
•
Sudah banyak
tugas-tugas kognitif daring dari guru
•
Siswa mengalami
kejenuhan dengan tugas-tugas kognitif dari guru
•
Mendorong peran aktif
orangtua agar dapat membantu tugas siswa dengan mudah tidak hanya tentang
pembelajran kognitif
•
Pemahaman siswa tentang
pandemic Virus Covid-19
1.3. Tuliskan 4 (empat ) DATA, BUKTI, atau LAPORAN2, yang dapat dipakai untuk memperkuat alasan tersebut,
•
Data global pandemic
Virus Covid-19 di Indonesia
•
Bukti atau kebijakan
pemerintah WFH dan sekolah dari rumah
•
Kebanyakan tugas daring
dari guru dari aspek kognitif terkait maptapelajaran ttt
•
Data tugas yang bersifat
afektif masih kurang
•
Data pemahaman siswa
tentang Covid-19
•
Data tentang kepedulian
siswa dengan adanya pandemic Covid-19 dan kebijakan sekolah dari rumah
1.4. Melihat
kondisi 1.2 dan 1.3 Bagaimana Pengawas sekolah mengatasinya?
•
Seharusnya guru tidak terlalu
membebani siswa dengan tugas berat kognitif
•
Tugas bisa di berikan dengan lebih
menyenangkan dan sesuai “kemerdekaan” berfikir siswa
•
Guru memberikan materi atau
contoh-contoh kecil tentang kepedulian siswa di era pandemi
•
Guru memberi tugas kepada siswa
selama belajar di rumah untuk mebuat catatan-catatan/gambar/kartun/sketsa apa
yang dilakukan terkait pandemic atau terkait Virus-Covid19
•
Aatau tentang hal-hal yang
dilakukan siswa sehari-hari terkait Covid-19
•
Siswa dapat diarahkan membuat
catatan-catatn/gambar/kartu/sketsa dengan model/bentuk menarik sesuai
kreativitas siswa kemudian di foto dan diunggah di Grup WA (misalnya)
•
Atau dibuat dengan menggunakan
aplikasi tertentu sesuai kemampuan siswa
1.5. Tuliskan rumusan masalah Best practice Anda
•
Bagaimanana
mewujudkan sikap peduli siswa di era pandemic dengan kreativitas berupa
catatan/gambar/kartun/sketsa yang dibuat di rumah?
•
Bagaimana
hasil yang diperoleh berdasarkan penilaian guru dan orangtua siswa?
1.6. Apa tujuan kegiatan
Best practice yang akan Anda lakukan
•
Memacu
kreativitas kepedulian siswa dalam berkreasi tentang sikap peduli di masa
pandemic.
•
Menganalisis
hasil kreativitas siswa dikaitkan dnegan sikap kepedulian siswa
1.6. Apa manfaat best
practice yang akan Anda lakukan.
Best practice ini diharapkan dapat memberikan
manfaat berupa
Bagi Guru
•
Guru menjadi kreatif dalam memberikan jenis tugas
kepada siswa selama masa pandemic dan sekolah dari rumah
•
Guru dapat memanfaat aplikasi digital yang ada
dalam penugasan siswa
Bagi Siswa
•
Siswa tidak jenuh dengan tugas-tugas kognitif
•
Siswa bergairah dalam membuat kreasi tentang
C0vid-19
•
Siswa memahami rasa kepudian social
•
Siswa bereksperimen dengan berbagai aplikasi
Bagi Sekolah
•
Dapat menampung karya-karya siswa dan dijadikan
konten website sekolah
•
Konten hasil kreativitas siswa akan dilihat
masyarakat luas sebagai model
•
Sekolah menjadi Role Model sebagai sekolah Siswa
peduli di era pandemi
Bab II
Kajian Teori
Tujuan kajian teori adalah untuk memberikan argumentasi
bahwa tindakan yang akan dilakukan memang
telah teruji (baik berdasar teori maupun hasil-hasil penelitian terdahulu) berkemampuan untuk meningkatkan
“sesuatu” yang menjadi masalah dalam best practice ini.
Contoh:
·
Masalahnya, banyak guru yang belum mampu menyusun penilaian autentik sesuai Kurikulum 2013
dengan baik dan benar. Kemampuan guru
akan ditingkatkan melalui tindakan berupa workshop.
Kajian teori berisi uraian konsep, apa, bagaimana, mengapa
“workshop” itu, dan keterkaitannya dengan keunggulan
workshop untuk meningkatkan kemampuan menyususn penilaian autentik
(misalnya dari hasil-hasil penelitian terdahulu)
·
Masalahnya, banyak kepala sekolah
belum mampu memaksimalkan peran alumni dalam membangun sekolahnya. Kemampuan kepala sekolah
tersebut bisa dibangun melalui networking dan pelibatan publik.
Kajian Teorinya
berisi uraian konsep apa, mengapa, bagaimana “networking dan pelibatan publik” itu dan
keterkaitannya dengan peran alumni dalam membangun sekolahnya.
2.1.
Tuliskan nama
(variabel) tindakan/Strategi yang akan dilakukan
•
Memberi tugas kepada siswa untuk membuat
catatan/gambar/sketsa tentang persepsi siswa terhadap pandemic Covid-19 dan
kaitannya dengan kehidupan sehari-hari
2.2.
Tuliskan definisi atau uraian lebih rinci dari tindakan/Strategitersebut
•
Guru menjelaskan materi
secara daring tentang sikap empati, simpati dan peduli sesuai dengan tingkat
perkembangan dan jenjang Pendidikan siswa.
•
Guru memberi tugas untuk
membuat catatan kegiatan sehari-hari yang dilakukan siswa dalam bentuk
catatan/gambar/sketsa/kartun terkait dengan kepedulian social dan covid-19
2.3.
Tuliskan Strategi yang akan dilakukan untuk mengatasi
masalah
·
Guru menjelaskan apa yang
dimaksud dengan kepedulian social, empati, simpati, secara daring
·
Guru memberikan
contoh-contoh sikap kepedulian yang dapat dilakukan oleh siswa
·
Guru memberi tugas kepada
siswa untuk berkreasi mencatat kegiatan sehari-hari yang dilakukan selama masa
belajar di rumah dan kaitannya terhadap kepedulian social.
·
Tugasdapatberupa catatan/gambar/kartun/sketsa/foto/video
dll
2.4. Tuliskan Kajian teori dan hasil-hasil
penelitian yang mendukung keunggulan
tindakan/Strategi yang Anda pilih
Kajian teori dapat dicantumkan
dengan memeperhatikan variable dalam masalah yang akan di pecahkan
•
Konsep/Teori tentang Pandemi Covid-19
•
Konsep/ Teori Emapti, Simpati, Kepedulian Sosial
•
Konsep/Teori Aplikasi Digital terkait
•
Karakteristik Siswa
Bab III Pembahsan
Masalah
3.1. Jelaskan
cara pemecahan masalah yang menguraikan langkah-langkah atau cara-cara dalam
memecahkan masalah, termasuk hambatan-hambatan yang harus diatasi yang
dituangkan secara rinci. seperti: (1) melakukan
evaluasi diri tentang cara dan strategi apa yang selama ini telah dilaksanakan;
dan (2) melakukan evaluasi terhadap output
dan outcome (dampak).
§ Deskripsikan kondisi siswa pada
umumnya ketika belajar di rumah di era pandemic
§ Deskripsikan apa yang sudah
dilakukan selama ini dalam mewujudkan kepedulian siswa terhadap lingkungan
§ Deskripskan hasil-hasil dalam
bimbingan terhadao guru dan siswa yang sudah dilakukan untuk menumbuhkan rasa
empati dan kepedulian social menggunakan aplikasi digital
§ Hasil kurang maksimal atau bahkan
belum dilakukan maka pengawas melakukan terobosan dengan memberikan tugas
afektif kepada siswa tentang kepedulian social di era pandemic menggunakan
suatu aplikasi
3.2. Jelaskan
langkah/metode yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah, tentang
alat dan atau instrumen yang digunakan.
•
Pengawas berkolaborasi
dengan guru menentukan tugas yang akan diberikan kepada siswa secara digital
•
Pengawas memberi
pemahaman kepada guru tentang Langkah-Langkah yang harus dilakukan dalam
mewujudkan siswa peduli di era pandemic
•
Guru memberi tugas
kepada siswa untuk merekam/mencatat kegiatan sehrai-hari yang berkaitan dengan
kedulian/kepekaan social terkaid Covid-19
•
Guru menjelaskan bahwa
bentuk hasil karya siswa bisa berupa catatan/gambar/foto/ Video/kartun/sketsa,
sesuai minat dan ide siswa terkaid kepedulian social yang telah dilakukan
selama masa belajar di rumah karena pandemic c0vid-19
•
Guru meminta siswa
mengunggah hasil karya melalui WA grup
•
Guru menganalis hasil
karya siswa dan berkomunikasi dengan orangtua
3.3. Tunjukkan dan jelaskan
keaslian, kejelasan, dan kecermelangan
ide/gagasan terkait dengan upaya pemecahan masalah. Uraian ini merupakan inti
tulisan best practice.
Lanjutkan……hasil
analisis seperti apa
3.4. Jelaskan bahwa langkah yang ditempuh cukup
inovatif (aspek apanya). Inovatif berarti langkah yang diambil tidak seperti
biasanya yang dilakukan pada umumnya
Tunjukkan atau deskripsikan jika cara atau
tindkan memberi tugas bersifat afektif dengan kreativitas siswa secara digital
adalah merupakan inovasi pembelajran di era pandemic covid 19
3.5. Jelaskan bahwa langkah-langkah yang diambil hasilnya lestari,
berkisanambungan, efektif, efiseien di dukung oleh data-data yang ada
BAB III adalah hasil BP dan
analisisnya, oleh karena itu hanya bisa diisi ketika BP sudah dilakukan
Selamat
mengerjakan sukses selalu
Salam
0 komentar:
Posting Komentar