Jumat, 23 Juli 2021

Menyusun Pra Usulan Best Practice (BP)

 

 

Format Latihan

 

 

Menyusun  Pra Usulan

Best Practice (BP)

 

Format Latihan Menyusun  Pra Best practice (tuliskan jawaban di tempat yang telah disediakan

 

Nama 

 

Golongan / TMT

 

 

Bab I :  Pendahuluan

Judul best practice dibuat semenarik dan sejelas mungkin. Judul juga menunjukkan permasalahan apa yang akan di bahas atau dipecahkan di sekolah atau sekolah binaannya.

Contoh : 

  • Mengkondisikan Iklim Pendidikan Karakter di Sekolah berbasis 5 Nilai Utama Karakter berbasis kearifan Lokal.
  • Peranan Orang Tua dalam Implentasi Penguatan Pendiidkan Karakter melalui Modeling
  • APLIKASI X TEPAT PROGRAM MENGAJAR HEBAT

1.1.  Isikan rancangan Judul best practice Anda

 

Misalnya: ……………………………………….

 

 

 

1.2. Tuliskan  5  (lima) alasan mengapa  bapak/ibu mempermasalahkan hal tersebut,

         Adanya Pandemi Virus Covid-19

         Anak sekolah dari rumah

         Sudah banyak tugas-tugas kognitif daring dari guru

         Siswa mengalami kejenuhan dengan tugas-tugas kognitif dari guru

         Mendorong peran aktif orangtua agar dapat membantu tugas siswa dengan mudah tidak hanya tentang pembelajran kognitif

         Pemahaman siswa tentang pandemic Virus Covid-19

 

1.3. Tuliskan  4 (empat ) DATA, BUKTI, atau LAPORAN2, yang dapat  dipakai untuk memperkuat alasan tersebut,

         Data global pandemic Virus Covid-19 di Indonesia

         Bukti atau kebijakan pemerintah WFH dan sekolah dari rumah

         Kebanyakan tugas daring dari guru dari aspek kognitif terkait maptapelajaran ttt

         Data tugas yang bersifat afektif masih kurang

         Data pemahaman siswa tentang Covid-19

         Data tentang kepedulian siswa dengan adanya pandemic Covid-19 dan kebijakan sekolah dari rumah

 

1.4. Melihat kondisi 1.2 dan 1.3 Bagaimana Pengawas sekolah mengatasinya?

         Seharusnya guru tidak terlalu membebani siswa dengan tugas berat kognitif

         Tugas bisa di berikan dengan lebih menyenangkan dan sesuai “kemerdekaan” berfikir siswa

         Guru memberikan materi atau contoh-contoh kecil tentang kepedulian siswa di era pandemi

         Guru memberi tugas kepada siswa selama belajar di rumah untuk mebuat catatan-catatan/gambar/kartun/sketsa apa yang dilakukan terkait pandemic atau terkait Virus-Covid19

         Aatau tentang hal-hal yang dilakukan siswa sehari-hari terkait Covid-19

         Siswa dapat diarahkan membuat catatan-catatn/gambar/kartu/sketsa dengan model/bentuk menarik sesuai kreativitas siswa kemudian di foto dan diunggah di Grup WA (misalnya)

         Atau dibuat dengan menggunakan aplikasi tertentu sesuai kemampuan siswa

 

 

1.5. Tuliskan rumusan masalah Best practice Anda

         Bagaimanana mewujudkan sikap peduli siswa di era pandemic dengan kreativitas berupa catatan/gambar/kartun/sketsa yang dibuat di rumah?

         Bagaimana hasil yang diperoleh berdasarkan penilaian guru dan orangtua siswa?

 

 

1.6. Apa  tujuan kegiatan Best practice yang akan Anda lakukan

         Memacu kreativitas kepedulian siswa dalam berkreasi tentang sikap peduli di masa pandemic.

         Menganalisis hasil kreativitas siswa dikaitkan dnegan sikap kepedulian siswa

 

1.6. Apa manfaat best practice yang akan Anda lakukan.

Best practice ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa

Bagi Guru

         Guru menjadi kreatif dalam memberikan jenis tugas kepada siswa selama masa pandemic dan sekolah dari rumah

         Guru dapat memanfaat aplikasi digital yang ada dalam penugasan siswa

Bagi Siswa

         Siswa tidak jenuh dengan tugas-tugas kognitif

         Siswa bergairah dalam membuat kreasi tentang C0vid-19

         Siswa memahami rasa kepudian social

         Siswa bereksperimen dengan berbagai aplikasi

Bagi Sekolah

         Dapat menampung karya-karya siswa dan dijadikan konten website sekolah

         Konten hasil kreativitas siswa akan dilihat masyarakat luas sebagai model

         Sekolah menjadi Role Model sebagai sekolah Siswa peduli di era pandemi

 

 

 

Bab II  Kajian Teori

 

Tujuan kajian teori adalah untuk memberikan argumentasi bahwa  tindakan yang akan dilakukan memang telah teruji (baik berdasar teori  maupun hasil-hasil penelitian terdahulu)  berkemampuan untuk meningkatkan  “sesuatu” yang menjadi masalah dalam best practice ini.

 

Contoh: 

·         Masalahnya,  banyak guru yang belum mampu menyusun penilaian autentik sesuai Kurikulum 2013 dengan baik dan benar.  Kemampuan guru akan ditingkatkan melalui tindakan berupa workshop.

Kajian teori berisi uraian konsep, apa, bagaimana, mengapa “workshop”  itu, dan  keterkaitannya dengan keunggulan workshop  untuk meningkatkan kemampuan menyususn penilaian autentik (misalnya dari hasil-hasil penelitian terdahulu)

·         Masalahnya, banyak kepala sekolah belum mampu memaksimalkan peran alumni dalam membangun sekolahnya. Kemampuan kepala sekolah tersebut bisa dibangun  melalui networking dan pelibatan publik.

Kajian Teorinya berisi uraian konsep apa, mengapa, bagaimananetworking dan pelibatan publik” itu dan keterkaitannya dengan peran alumni dalam membangun sekolahnya.

 

 

 

2.1. Tuliskan nama  (variabel) tindakan/Strategi yang akan dilakukan

         Memberi tugas kepada siswa untuk membuat catatan/gambar/sketsa tentang persepsi siswa terhadap pandemic Covid-19 dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari

 

 

2.2. Tuliskan definisi atau uraian lebih rinci  dari tindakan/Strategitersebut

          Guru menjelaskan materi secara daring tentang sikap empati, simpati dan peduli sesuai dengan tingkat perkembangan dan jenjang Pendidikan siswa.

          Guru memberi tugas untuk membuat catatan kegiatan sehari-hari yang dilakukan siswa dalam bentuk catatan/gambar/sketsa/kartun terkait dengan kepedulian social dan covid-19

 

2.3. Tuliskan Strategi yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah

 

·         Guru menjelaskan apa yang dimaksud dengan kepedulian social, empati, simpati, secara daring

·         Guru memberikan contoh-contoh sikap kepedulian yang dapat dilakukan oleh siswa

·         Guru memberi tugas kepada siswa untuk berkreasi mencatat kegiatan sehari-hari yang dilakukan selama masa belajar di rumah dan kaitannya terhadap kepedulian social.

·         Tugasdapatberupa catatan/gambar/kartun/sketsa/foto/video dll

 

2.4. Tuliskan Kajian teori dan hasil-hasil penelitian  yang mendukung keunggulan tindakan/Strategi yang Anda pilih

Kajian teori dapat dicantumkan dengan memeperhatikan variable dalam masalah yang akan di pecahkan

 

         Konsep/Teori tentang Pandemi Covid-19

         Konsep/ Teori Emapti, Simpati, Kepedulian Sosial

         Konsep/Teori Aplikasi Digital terkait

         Karakteristik Siswa

 

 

 

Bab III Pembahsan Masalah

 

3.1. Jelaskan cara pemecahan masalah yang menguraikan langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah, termasuk hambatan-hambatan yang harus diatasi yang dituangkan secara rinci. seperti: (1) melakukan evaluasi diri tentang cara dan strategi apa yang selama ini telah dilaksanakan; dan (2) melakukan evaluasi terhadap output dan outcome (dampak).

 

§  Deskripsikan kondisi siswa pada umumnya ketika belajar di rumah di era pandemic

§  Deskripsikan apa yang sudah dilakukan selama ini dalam mewujudkan kepedulian siswa terhadap lingkungan

§  Deskripskan hasil-hasil dalam bimbingan terhadao guru dan siswa yang sudah dilakukan untuk menumbuhkan rasa empati dan kepedulian social menggunakan aplikasi digital

§  Hasil kurang maksimal atau bahkan belum dilakukan maka pengawas melakukan terobosan dengan memberikan tugas afektif kepada siswa tentang kepedulian social di era pandemic menggunakan suatu aplikasi

 

 

3.2. Jelaskan langkah/metode yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah, tentang alat dan atau instrumen yang digunakan.

         Pengawas berkolaborasi dengan guru menentukan tugas yang akan diberikan kepada siswa secara digital

         Pengawas memberi pemahaman kepada guru tentang Langkah-Langkah yang harus dilakukan dalam mewujudkan siswa peduli di era pandemic

         Guru memberi tugas kepada siswa untuk merekam/mencatat kegiatan sehrai-hari yang berkaitan dengan kedulian/kepekaan social terkaid Covid-19

         Guru menjelaskan bahwa bentuk hasil karya siswa bisa berupa catatan/gambar/foto/ Video/kartun/sketsa, sesuai minat dan ide siswa terkaid kepedulian social yang telah dilakukan selama masa belajar di rumah karena pandemic c0vid-19

         Guru meminta siswa mengunggah hasil karya melalui WA grup

         Guru menganalis hasil karya siswa dan berkomunikasi dengan orangtua

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3. Tunjukkan dan jelaskan keaslian, kejelasan, dan kecermelangan ide/gagasan terkait dengan upaya pemecahan masalah. Uraian ini merupakan inti tulisan best practice.

 

Lanjutkan……hasil analisis seperti apa

 

3.4.  Jelaskan bahwa langkah yang ditempuh cukup inovatif (aspek apanya). Inovatif berarti langkah yang diambil tidak seperti biasanya yang dilakukan pada umumnya

Tunjukkan atau deskripsikan jika cara atau tindkan memberi tugas bersifat afektif dengan kreativitas siswa secara digital adalah merupakan inovasi pembelajran di era pandemic covid 19

 

3.5. Jelaskan bahwa langkah-langkah yang diambil hasilnya lestari, berkisanambungan, efektif, efiseien di dukung oleh data-data yang ada

 

 

BAB III adalah hasil BP dan analisisnya, oleh karena itu hanya bisa diisi ketika BP sudah dilakukan

 

Selamat mengerjakan sukses selalu

Salam

 

0 komentar:

Posting Komentar